We are all unique individuals. Kita memiliki anggota tubuh, penampilan, dan pikiran yang berbeda dengan orang lain. So be your self !!!

Tuesday, June 14, 2011

Motto of the Baltimore Grotto, A Caving Society

1. Take nothing but picture
 
Tidak mengambil sesuatu,  tapi hanya untuk dinikmati keindahann atau abadikan dalam foto, itu terjemahan murninya. Namun dibalik terjemahan murni itu ada makna atau pesan moral yang ingin disampaikan misalnya jika berwisata ke goa, janganlah dirusak dgn mematahkan staglagnit dan staglagtitnya, biarlah semua itu keberadaan seperti sedia kala atau alami. abadikan keindahan itu dalam pikiran atau dalam bentuk foto, misalnya. jangan sekali-kali mengganggu atau merusaknya.
 
2. Leave nothing but footprint
 
Tidak perlu meninggalkan apa2, tapi tinggalkanlah jejak. Makna pesan moralnya kira2 jika berkunjung ke goa2 tidak perlu meninggalkan sesuatu disana yang akan merusak keasrian goa, demikian juga bila berkunjung ketempat-tempat indah lainnya. Untuk menjaga keasrian itu, sebaiknya tinggalkanlah jejak anda sebagai kenangan indah bahwa anda sudah pernah kesana. Pepatah mengatakan "harimau mati meninggalkan belangnya, gajah mati meninggalkan gadingnya".
 
3. Kill nothing but time
 
Tidak membunuh apa2, tapi gunakanlah/habiskanlah waktu anda. "kill time' itu adalah menggunakan waktu senggang atau luang sebaik mungkin. Dalam melakukan sesuatu mereka tidak merusak, tapi benar menghabiskan waktu sesuai dengan peruntukannya. Seperti misalnya mengunjungi goa, mereka benar2 menggunakan waktunya untuk itu, bukan untuk yang lainnya. Pencinta wisata alam dia akan mengungjungi alam.
 
From mix sources (HDnet)

No comments: