We are all unique individuals. Kita memiliki anggota tubuh, penampilan, dan pikiran yang berbeda dengan orang lain. So be your self !!!

Monday, November 29, 2010

4 Langkah Sukses Berkolaborasi dengan Media Massa

Bagi Anda yang ingin mendapatkan efek besar dari media massa tapi tak mau keluar terlalu banyak uang, trik-trik ini mungkin bisa menjadi salah satu jawaban. Kalau Anda mau berusaha pasti ada jalan.

 

Trik-trik ini merupakan intisari dari salah satu buku yang sedang kami susun, tentang bagaimana berhubungan dengan media massa, yang efisien dan efektif. Low cost high impact (Berkawan dengan Wartawan). Buku tersebut merupakan penyempurnaan dari buku “Bermitra dengan Radio, Perbesar Bisnis Anda.”

 

Kenalan dengan Media Massa

 

Yes, kalau mau mendapatkan keuntungan dari pihak lain, maka kita harus berkenalan dengan media massa. Sederhana sekali hukum yang berlaku dalam sistem alami ini, yaitu “Siapa tak kenal maka tak sayang.” Maka, berkenalanlah…

 

Tapi berkenalan dengan siapa dan apa yang harus dikenal? Ini dia jawabannya:

 

# Kenali Karakternya (Beda jenis media, berbeda pula karakternya. Beda kebijakan, beda pula perilakunya)

 

# Kenalan dengan Punggawanya (Jangan abaikan peran wartawan, reporter, penyiar, editor atau redaktur. Kenalanlah dengan mereka. Berbaik-baiklah dengan mereka.)

 

# Kenalan dengan Penonton/Pendengar/Pembacanya (Jangan hanya dengan medianya, tapi kenali pula karakter pemirsa, pembaca atau pendengar media massa. Makin kenal dengan karakternya, makin mudah untuk bergaul dengan mereka).

 

Poles Diri

 

Selain berkenalan dengan media massa, jangan lupakan diri sendiri. Pihak lain akan senang berkenalan dengan orang yang berkualitas. Makin berkualitas diri kita, maka makin mudah bagi kita untuk berkenalan dengan orang lain. Maka tak ada jalan lain kecuali, perbaiki kualitas diri kita, poles menjadi lebih baik, dan menarik di mata media massa.

 

Banyak cara memoles diri, antara lain:

 

# Jadilah Pakar. Jika Anda menguasai bidang tertentu, kuasai dengan sungguh-sungguh. Media massa sangat butuh narasumber yang ahli di bidang tertentu. Siapa tahu Anda orangnya.

 

# Perbaiki Penampilan. Saat ini adalah jaman kemasan. Siapa yang kemasannya yahud, maka dialah yang pertama kali akan mendapatkan keuntungan. Demikian pula di mata media massa. Jika penampilan Anda (fisik maupun non fisik) ok, maka mereka akan mengejar Anda.

 

# Latih Suara. Belajar bicara dengan baik dan menarik. Media massa jenis radio dan televisi, sangat butuh pihak yang punya daya tarik tinggi dalam berbicara. Latihlah…

 

# Belajar Menulis. Yang ini dibutuhkan oleh media cetak. Jika Anda terampil menulis, maka tulisan Anda akan dengan senang hati ditampilkan oleh media cetak. Siapa mau?

 

Kerja sama

 

Kalau Anda hanya mengandalkan diri sendiri dalam menarik minat media massa, tentu perlu usaha yang lebih berat. Akan lebih baik jika Anda bekerja sama dengan pihak lain, agar media massa lebih tertarik lagi.

 

Berikut beberapa langkah diantaranya:

 

# Gabung dengan organisasi profesi. Jangan ragu untuk masuk organisasi profesi. Dampaknya akan sangat positif buat Anda. Media massa sangat senang jika berhubungan dengan aktivis organisasi tertentu.

 

# Gabung dengan asosiasi. Selain organisasi profesi, bergabunglah dengan asosiasi yang lebih besar. Biasanya lintas profesi atau lintas organisasi. Efeknya akan sangat positif.

 

# Aktiflah di asosiasi/organisasi. Setelah bergabung dengan asoiasi/organisasi, jangan menjadi anggota pasif, tapi aktiflah di sana. Manfaatkan segala momentum dan kesempatan untuk kebaikan Anda.

 

Unik

 

Langkah terakhir agar Anda bisa berhubungan dan berkolaborasi dengan media massa adalah jadilah makhluk yang berbeda dengan makhluk lainnya. Ini tidak mudah, tapi terbukti mampu dilakukan oleh banyak orang. Berkat keunikannya, mereka sukses bermitra dengan media massa.

 

Ikuti langkah ini, dan bersiaplah menjadi partner media massa:

 

# Ciptakan Sesuatu yang Unik

 

# Hindari yang Biasa

 

# Terus Mencoba dan Berubah

 

Selamat mencoba, dan bersiaplah bermitra dengan media massa, secara menguntungkan.

 

Dodi Mawardi

Pengelola Sekolah Menulis Kre@tif Indonesia

Penulis buku "Belajar Goblok dari Bob Sadino" dan "Cara Mudah Menulis Buku Metode 12 PAS"

 

Kunjungi:

www.sekolahmenuliskreatif.com

www.dodimawardi.wordpress.com

No comments: